Friday, August 21, 2009

Selayang Pandang Kampung Kustra Mamberamo Raya


Mamray- Kampung Kustra, merupakan salah satu kampung dari 7 Kampung (Noyady, Eri, Obogoi, Biri, Wakiyadi dan kampung Towau ) yang berada dalam wilayah Pemerintahan Distrik Mamberamo Tengah Timur Kabupaten Mamberamo Raya Provinsi Papua.
Untuk sampai di kampung ini, hanya menggunakan 2 sarana transportasi, yakni transportasi udara menggunakan pesawat berbadan kecil jenis Cessna dan transportasi sungai menggunakan perahu.
Dibutuhkan 3- 4 hari perjalanan perhubungan sungai menggunakan perahu kole-kole ( longboat ) atau 1-2 hari menggunakan speedboat dari Ibukota Kabupaten. Kalau menggunakan pesawat, hanya membutuhkan waktu 1 jam 30 menit dari bandara sentani.
Kampung Kustra memiliki luas kurang lebih 25 KM2. Secara geografis Kampung Kustra terletak pada koordinat 02º44’50.8” LS - 137º55’04.7” BT, yang secara fisik kampung Kustra diapit oleh 2 gunung yaitu gunung Wariso dan gunung Hartaru. Di sebelah barat dialiri oleh anak sungai Deilo dan disebelah timur dialiri oleh sungai Hido. Kedua aliran anak sungai tersebut turut memberikan suplai debit air ke badan aliran sungai induk, yakni sungai Oi.
Secara administratif kampung Kustra merupakan bagian dari wilayah pemerintahan Distrik Mamberamo Tengah Timur yang berbatasan langsung dengan beberapa kampung tetangga yaitu, sebelah barat dengan kampung Noyadi, sebelah timur dengan kampung Haya (Distrik Roufaer), sebelah selatan dengan kampung Biri dan sebelah utara dengan kampung Dusi.
Jumlah penduduk Kampung Kustra adalah 221 Jiwa, dengan jumlah Kepala Keluarga 39 KK, terdiri dari 115 laki-laki dan 104 perempuan yang tersebar dalam dua suku, yakni Banua dan Baudy, dengan marga antara lain Basutey, Orusera, Boleba, Upetaya dan Dima. ( yomo )

No comments:

Post a Comment